Senin, 27 Mei 2019

Modul - DSS - Bab 09 - Antarmuka User (Part 1)



Modul Decision Support System / Sistem Pengambilan Keputusan

Download Modul Bab 09 - Antarmuka User (Part 1)

Bab 09 - Antarmuka User (Part 1)

Abstract
"Antarmuka user mengacu pada fasilitas komunikasi baik software maupun hardware, antara user dan komputer. Antarmuka user adalah bagian dari bidang yang disebut interaksi manusia dan komputer, yang mempelajari manusia, teknologi komputer, dan cara memperlancar hubungan ini. Antarmuka membahas respon/tanggapan, dan melibatkan pertukaran grafik, akustik, dan tanda-tanda lainnya."

Kompetensi
"Mahasiswa mengetahui dan memahami konsep antarmuka user dalam sistem pengambilan keputusan"

Antarmuka user mengacu pada fasilitas komunikasi baik software maupun hardware,
antara user dan komputer. Antarmuka user adalah bagian dari bidang yang disebut interaksi
manusia dan komputer, yang mempelajari manusia, teknologi komputer, dan cara
memperlancar hubungan ini. Antarmuka membahas respon/tanggapan, dan melibatkan
pertukaran grafik, akustik, dan tanda-tanda lainnya.
Antarmuka user bisa digambarkan sebagai suatu permukaan dimana data diumpan
balik diantara user dan komputer. Aspek fisiknya adalah peralatan input: mouse, trackball, pen
light, mikropon, keyboard, dan lain-lain; sedangkan peralatan outputnya: monitor, printer,
speaker, plotter, dan lain-lain.
Proses berulang pada gambar di atas terdiri dari beberapa elemen:
 Action language. Pelbagai bentuk, dari memilih suatu item dari menu, menjawab
pertanyaan, memindahkan window, atau mengetikkan suatu perintah.
 Knowledge. Informasi yang harus diketahui oleh user agar dapat berkomunikasi
dengan komputer. Bisa berupa kepakaran yang dimiliki oleh user, atau disertakan dalam
kartu/buku manual yang menyertai, atau help yang ada disitu.
 User’s reaction. User menanggapi tampilan, memproses isinya, dan merencanakan
aksi.
 Presentation language. Informasi yang ditampilkan ke user melalui pelbagai peralatan
output. Misalnya menu, window, atau teks. Bisa bersifat statis, dapat juga dinamis;
demikian juga dapat berupa numerik, bisa juga simbolik.
 Computer. Menerjemahkan aksi user (input), mengeksekusi task (misal komputasi),
dan menghasilkan tampilan yang umumnya merupakan presentation language, atau
output.
 Dialog. Serangkaian pertukaran atau interaksi yang teramati diantara manusia dan
komputer.
Penyediaan antarmuka yang berkualitas adalah tugas yang kompleks berkenaan dengan faktor
teknologi, psikologi, fisik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi lainnya. Di bawah ini adalah
pelbagai masalah yang ada dalam membangun antarmuka user:
 Desain layar.
 Urutan interaksi manusia dan komputer.
 Penggunaan warna.
 Densitas/kerapatan informasi.
 Penggunaan ikon dan simbol.
 Format tampilan informasi.
 Pemilihan peralatan input dan output.

Sumber :
Modul Perkuliahan - Sistem Pengambilan Keputusan - Program Studi Sistem Informasi - Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Mercu Buana